Trip to Bromo

by - 4:48 PM

Sebenernya udah lama mau ngepost dan berbagi cerita sedikit ttg jalan2 aku dan temen ke Bromo cuma gara2 ga sempet dan banyak kerjaan (maklum masih jadi karyawan kantor) jadi baru bisa sekarang ngesharenya. Tapi gapapalahyaaaa......................

05 Desember 2014

Perjalanan dimulai hari ini hari Jum'at after para lelaki menunaikan sholat Jum'at di mesjid kita langsung menuju ke stasiun Ps.Senen karena jadwal Kereta Api pukul 03.15 p.m. Semua udah kumpul dan kita langsung berjalan. Tujuan pertama kita ke Malang karena Bromo itu bisa ditempuh dari Surabaya ataupun Malang tinggal pilih. Perjalanan cukup lamaaaaaa dan panjaaaaanggggg 18jam di dalam kereta lumayan bikin pegel2 badan jugasih apalagi kita pake Kereta Ekonomi yang notabennya kursinya gabisa di otak-atik (pergi ala ala backpacker) tapi seru juga kok :D

06 Desember 2014

Setelah perjalanan cukup melelahkan akhirnya kita sampe juga ke kota Malang Horrreeeeee (ngedance ala syahrini) kita sampe di Malang pukul 07.30 a.m setelah ke toilet dan segala macem dan sekalian kita menunggu Mobil Elf sewaan kita akhirnya kita sambil istirahat makan dulu di foodcourt deket Stasiun Malang. Pssst makanan di malan termasuk murah-murah lohhhh. Akhirnya mobil jemputan kita sudah datang kita nyewa Mobil Elf karna kita ber 12 jadi pas dan cucok banget untuk kita. Berhubung di Malang kita masih pagi jadinya kita ga sempet tuh  mampir wisata kuliner karena tempat makannya belom pada buka. Hiks

Tujuan pertama kita yaitu ke Air Terjun Madikaripura, karena kita jalan-jalan bulan Desember maka pas sampe Air Terjun Madikaripura hujan lebat banget terus bagian bawahnya banjir jadi airnya coklat... Otomatis agak sedikit kecewa, tapi karena udah tanggung sampai sana akhirnya kita nekat aja buat naik kesana dengan bawa 2 orang pawang. Biar ga penasaran lagiiiii....

Air terjunnya lumayan bagus, dan lagi dibangun infrastruktur menuju ke air terjunnya supaya para wisatawan lebih mudah menuju ke Air terjun Madikaripura. Jalanannya licin saat kita menuju keatas ada temen yang hampir saja jatuh gara2 kepeleset untung tidak jatuh karena ada yang segera membantu. After dari Madikaripura kita langsung menuju kepenginapan bromo yang jaraknya lumayan jauh hamip 3 jam kita perjalanan. Sesaimpainya di penginapan kita langsung beres-beres membersihkan badan main bercengkrama dan langsung tidurrr. Karena besok kita pukul 03.00 a.m langsung menuju gunung Bromo.

07 Desember 2014

Jam 02.30 a.m kita semua bangun sebelum menuju gunung bromo kita sepatkan makan sesuatu yang enak dan spesial yaitu Indomie rasa Ayam Spesial :D hahaha karna jam segitu gada yang jualan makanan lagipula di perkampungan Bromo itu masih sangat jarang warung-warung menjual makanan jadi.
Kita menuju bromo menggunakan 2 Jeep FYI karena 1 Jeep bermuatan untuk 6 orang sebenarnya bisa sampe 7 orang tapiiii maksimal berat per orang dibawah 60kg. Jalan pagi-pagi buta naik Jeep dan Naek Gunung itupengalaman yang seru banget kayaknya sih Sopirnya udah pada expert banget jalan terjal berliku tanjakan berliku mudah dilewati dengan baik. Saluteeee Pak :D

Kita sampai pukul 04.45 berhubung kita sudah agak kesiangan sampe Bromo jadinya Jeep kita parkir cukup jauh di bawah butuh jalankaki hampir 2 kg keatas. Dan banyak jasa tukang ojeg yang menawarkan untuk ke atas 1 orang bisa kena charge 30.000 bisa bayangin gatuh mereka dari jam 3 pagi udah mencari rezeki yang ditebar Allah dan saingannya banyakkk banget sesama tukang ojeg. Lah kita di Jakarta paling pagi berangkat jam 06.00 dari rumah dan gaperlu pagi2 buta udah bangun. Selalu ada hikmah yang diambil di setiap perjalanan :') pokoknya mereka keren deeeh.

Akhirnyaaa kita sampe juga di Bromo Sunrise yang indah

After dari Gunung Bromo kita juga langsung ke Kawah Gunung Bromo yang harus menaiki 200 kaki tangga ke  Bukit Teletabies dan  ke Padang Pasir yang berada di kaki Gunung Bromo

After dari sini kita langsung ke penginapan dan siap-siap menuju stasiun untuk pulang. Berhubung kereta api berangkat jam 08.30 p.m kita sempetin makan malam dan beli oleh-oleh khas Surabaya. Karena kita pulang melalui Surabaya

Pokoknya jalan-jalan ke Bromo ga nyesel kita bisa melihat keindahan ciptaan Allah yang Maha Kuasa kita juga bisa belajar bagaimana kehidupan disekitar Bromo mata pencaharian apa yang mereka lakuin kita bisa melihat kota-kota yang kita lewati seperti Sidoarjo Surabaya serta Malang. Banyak banget pengalaman baru yang aku rasain selama jalan jalan kesana. Berikut biaya perorang yang kita keluarkan :

• Tiket Kereta Api Jkt- Mlg                   Rp 67.000
  • Snack                                                   Rp 70.000
  • Makan 3 hari                                       Rp 150.000
  • Oleh - Oleh                                          Rp 120.000

Note: untuk penginapan jeep elf dll yang jumlahnya besar kita sharing ber 12 pokoknya total semua habis 600rb untuk akomodasi itu diluar makan sehari-hari serta oleh-oleh karena itu fleksibel ke masing-masing.