Suka Duka jadi Anak Tengah

by - 1:42 PM

Assalamualaikum....

Jadi aku mau menceritakan sedikit apa yang aku rasa menjadi anak tengah, anak ketiga dari enam bersaudara. Banyak banget ya saudara kandung aku? Memang. Ibuku dulu ga KB karena berbagai macam hal. Biasanya banyak orang yang menceritakan bagaimana rasanya jadi anak sulung atau anak bungsu, si anak tengah ini memang banyak dilupakan karena kebanyakan keluarga yang lain itu mengikuti program pemerintah keluarga berencana 2 anak cukup, jadi jarang yang merasakan menjadi anak tengah. Karena dikeluarganya hanya mempunyai 2 anak. (gak-juga-sih-ya-kesimpulan-sotoy-aja-ini-mah)

Enaknya kita bahas sukanya dulu, karena aku maunya suka terus gamau pake duka, tapi ga mungkin sih ya kayaknya, hidup pasti kan ada suka dukanya... tapi kalo kamu bisa ga bikin aku suka terus? Oke lanjut ke topik. Sukanya jadi anak tengah itu 

Bisa merasakan menjadi kakak sekaligus menjadi adik

Mungkin ini salah satu anugrah yang dirasakan oleh anak tengah kali ya, bisa merasakan menjadi adik dan menjadi kakak. Karena kan kalo jadi anak sulung atau bungsu gabisa merasakan keduanya, tapi aku bisa. Aku juga hampir komplit bisa merasakan semua, punya kakak cewek dan cowok dan punya adek cowok semua, hanya ga ngerasain punya adek cewek aja, kayaknya itu lebih sweet deh keliatannya. Jadi, setelah merasakan keduanya, aku jadi bisa sedikit lebih bijak dan mengayomi gimana jadi kakak yang agak baik dan bisa merasakan juga gimana jadi adek yang super lebay, egois plus manja kadang-kadang.

Saat kakak - kakak menikah aku masih punya adik yang bisa jadi sohib.

Jadi dulu aku tuh deket sama kakak aku yang cowok, kita panggil aja mas. Ada di blog ku yang sebelumnya sebagaimana kita deketnya dari dulu sampe mas aku menikah, nah setelah menikah otomatis dia punya keluarga baru dong, ga mungkin sama aku terus, berhubung aku sudah ga punya sohib lagi buat kemana - mana akhirnya aku ajak lah dengan adik aku yang pertama buat nemenin. Dulu kita mah ga deket, ya biasa aja gituuuu berhubung sekarang aku udah gada temen lagi akhirnya aku pdktin dah si bocah ini, kalo pergi sama adik aku yang pertama biar bisa di temenin plus disupirin kemana - mana kan lumayan menghemat tenaga haha, minta temenin dia biar kita bisa sharing berbagai hal karena umurnya gabeda jauh jadi ya sepemikiran kadang, seringannya sih enggak sepemikiran. Sebenanrnya yang paling penting sih bisa nemenin kulineran hahaha

Suka di traktir dan "tukeran" baju sama kakak - kakak aku 

Nah ini penting nih... dikala krisis moneter dompet melanda di dompet hanya ada pahlawan imam bonjol dan cut nyak dien, ada baiknya kita memasang muka melas kepada kakak kita untuk dapat di traktir makanan yang kita pengen, ini sih sering ampuh buat aku untuk palakin kakak - kakak aku dengan pasang muka melas dan lemes kaya belum makan 7 hari. Atau ga, kalo aku pengen punya baju baru terus agak mahal harga bajunya, nah disitu aku mencoba skill marketing membujuk kepada kakak perempuanku kita panggil aja mba. Jadi aku kaya marketingin barang yang aku pengen gitu ke mba ku supaya dia yang beli, setelah dia terbujuk dengan omong kosongku kan dia jadi yang beli tuhhh, setelah dia beli kan aku boleh pinjem. Jadi deh pake baju baru keinginan tanpa mengeluarkan uang hahaha (jangan ditiru)

Menjadi lebih dewasa gimana menghadapi adik-adik yang punya karakter beda-beda

Disini aku diuji kesabaran sih kalo punya adik banyak laki-laki semua pula, rasanyaa....... gabisa diungkapkan dengan kata - kata. Dulu pernah berantem sama adek, yang beneran tonjok-tonjokan, jambak-jambakan pake sekuat tenaga, ngejar sampe lari - lari karena pengen gebuk yang kenceng, apalagi dulu suka nonton smackdown rasanya pengen aja gitu mengaplikasikan jurus tinjunya the rock ke adek kalo lagi kesel banget hahaha brutal. Tapi itu duluuuu.... jaman masih belum ngerti. Sekarang aku belajar gimana menghadapi adik aku yang pertama yang kedua dan yang ketiga mereka itu beda karakter semua, gimana caranya aku bisa menjadi kakak yang lebih baik lagi buat adik-adik ku supaya berguna aja gitu dimata mereka. 

Kalo dukanya sih ada juga ya namanya suka temennya pasti duka. Karena kan Allah sudah membuat berpasang-pasangan seperti suka ya sama duka. Seperti aku ya sama kamu Jadi dukanya jadi anak tengah itu 

Suka ga diinget sama orang - orang karena biasanya yang diinget anak pertama dan terakhir

Biasanya nih nama yang paling melekat di masyarakat, itu si anak sulung dan setelah itu anak bungsu, makanya ga sedikit ibu-ibu daerah rumah kita itu memanggil ibu tetangga dengan nama "mama novi" maksudnya mamanya novi karena novi anak pertama, jadi yang melekat pada mereka ya anak pertama itu si novi, adeknya novi udah deh pada dilupain hahaha terus ditanya kamu adeknya siapa? kakaknya siapa? tapi masih ada beberapa tetangga deket yang tau aku anak ke berapa, tapi banyak juga yang gatau.

Suka dimintain jajan

Berhubung adik-adik aku masih pada sekolah, mereka suka minta uang jajan tambahan gitu ke aku, kadang aku kasih kadang enggak haha enak aja dikasih mulu, kan nyari uang ga gampang..... Kadang yang lagi kesel tuh, kalo kita lagi tidur terus dibangunin gara - gara minta uang, hancur sudah kenikmatan hakiki tidur di saat liburan.

Suka disuruh - suruh 

Nah... adik adalah identik dengan disuruh - suruh oleh kakanya, termasuk aku. Jadi kakak aku masih suka nyuruh gitu padahal aku udah gede tapi masih suka disuruh ini itu ini itu. Nah Ibu aku juga tuh masih sering suka nyuruh (ya wajarlah ya namanya juga Ibu) berhubung aku anak tengah plus anak perempuan jadi urusan cuci gosok semua dilimpahin ke aku, sodara laki - laki aku mana ada yang pegang pakaian kotor? Taunya mah mereka beressss tinggal pakai. Jadilah anak perempuan yang menanggung semuahnya.

Itusih beberapa pengalaman aku yang merasakan menjadi anak tengah, semoga berfaedah walaupun keliatanya engga ya. Byeeee








You May Also Like

0 komentar

Instagram