Ke Malaysia 4H3M Modal 2 Juta Part 2

by - 3:23 PM

Melanjutkan Part 1 nya ya...

Hari Kedua

Sesuai dengan jadwal yang telah kita buat, rencana hari kedua ini kita akan padat banget. Kita akan ketiga tempat yaitu ke Genting Highland, Batu Caves dan terakhir kita ke jalan Alor daerah Bukit Bintang untuk makan malam. Pagi jam 9 kita udah sampai di terminal TBS, sebelumnya kita ke swalayan yang deket apartment beli jajanan buat sarapan dan stok di apartement, ini tentative ya harganya sesuai kebutuhan kalian anggap aja 10Rm per orang. Ada 2 cara menuju Genting Highland yaitu melalui terminal KL Sentral atau dari terminal TBS, tanya ke loket Bis yang menuju Genting Highland udah deh nanti langsung ke Genting. Menggunakan bis di Malaysia tuh nyaman banget ya, tiket pembeliannya sudah rapi dan sudah sesuai dengan jam kedatangannya. Harga tiket dari terminal TBS sekitar 12 Rm, perjalannya dari terminal ke Genting sekitar 1,5 jam. Sampai di Genting kita langsung beli tiket cable car nya 1 orang 8 Rm jadi pulang pergi 16 Rm.

Cable car di Genting itu ada beberapa tempat pemberhentian, kita berhenti di Chin Swee Caves Temple, tempat ibadah ini memiliki dinding belakang batu alam, sehingga disebut sebagai gua (caves). Karena disini tempat ibadah, sebisa mungkin kita menggunakan pakaian yang sopan dan menghargai jika ada yang beribadah. Tempatnya cukup luas, ada beberapa patung serta ada keterangan ceritanya. Aku kurang paham tentang ceritanya. Yang jelas tempatnya bagus, sangat luas dan pemandangannya indah. Setelah cukup menjelajahi dari Chin Swee Caves Temple, kita naik cable car lagi untuk menuju tempat terakhir yaitu Genting Highland. Genting Highland sendiri seperti Mall dan ada taman bermainnya juga di dalamnya. Ya kalo di Indonesia mungkin mirip Trans Studio Bandung tapi versi Mall nya. Karena perut udah lapar dan sudah memasuki jam makan siang, akhirnya kita makan siang di Genting Highland, makan siang sekitar 20-30 Rm makan nasi lemak hehe. Masuk ke Chin Swee Caves dan Genting itu gratis ya.

Setelah dari Genting Highland kita turun ke bawah naik cable car lagi ke tempat awal terminal Genting, karena kita mau langsung ke Batu Caves. Gimana caranya ke Batu Caves dari Genting Highland? Gampang sekali. Kita naik bus dari Genting menuju ke terminal Gembok, itu satu orang tiketnya sekitar 5 Rm kalo gasalah, beli tiketnya udah pake self mechine pilih tujuan ke Gembok ya, nah dari Terminal Gembok nanti kita naik Grab cuma 10 Rm aja kok sampe deh Batu Caves, tempat wajib kalo kita ke Malaysia, di Batu Caves kita ketemu orang Indonesia loh, dia sekeluarga yang lagi jalan-jalan ke Malaysia juga, mereka agak heran kita pergi berdua aja melancong kesini, sampe mereka terkejut haha padahal mah biasa aja ya... Akhirnya karena kita sesama Indonesia jadinya saling foto memfoto, cerita sedikit karena nyambung siapa tau cocok yakan? . Batu Caves juga tempat ibadah, jadi sebisa mungkin kita kesana menggunakan baju yang sopan, tapi jika ada yang pas pake baju terbuka mereka menyediakan selendang untuk dijual atau disewa oleh turis. Pas kita kebetulan kesana, ada proses Ibadah yang sedang dilakukan, jadi kita sambil melihat proses Ibadah tersebut. Oiya naik tangga di Batu Caves capek, beberapa kali istirahat di tangga, tapi pas sampe baguusss, kok bisa ada tempat ibadah di atas gitu terus di pinggir tebing yang cantik. Emang wajib banget sih dateng kesini. tapi gatau ya kalo naik pelaminan sama kamu capek apa engga.

Setelah dari Batu Caves, sesuai rencana kita masih ada waktu untuk ke jalan Alor di daerah Bukit Bintang, browsing-browsing bisa naik apa kesana selain naik Grab karena lumayan jauh dan ongkosnya juga lumayan, akhirnya kita memutuskan naik komuter line, karena ada stasiun deket Batu Caves. Setelah transit beberapa kali dari naik komuter, naik mrt, naik lrt nanya sana sini, akhirnya kita sampai juga di jalan Alor... Horray.... Cukup 6 Rm saja. Mengelilingi jalan alor berdua kita bingung mau makan apa karena banyak makanan, danya banyak makanan yang non halal juga jadinya galau. Pertama kita nyobain jajanan ringan air mata kucing, durian goreng sama cumi goreng dulu yang aman, setelah tawaf 2 kali bingung makan apa akhirnya googling dan ketemu makanan halal, enak, terkenal, murah dan ramai kita memutuskan makan malam di Nasi Ayam Hainan Chee Meng terimakasih ya mbah google atas informasinya hehe, makan disana kisaran 15Rm sudah sama minum. Karena udah malem banget kisaran jam 10 malem lewat akhirnya kita ke apartement naik Grab ongkosnya 15Rm. Sampe apartement jam 11 sholat, mandi, maskeran (tetep skincarean) sambil kakinya digantung diatas pegel banget seharian jalan mulu. Akhirnya jam 1 an kita tertidur....

Hari Ketiga

Karena kita kemarian seharian full padat kegiatannya terus jalan mulu, pas di hari ketiga kita tepar, kaki pada pegel semua mau berangkat pagi pun wacana, bangunnya juga pada siang hahahaha. Untungnya backpackeran dan itenary kita buat sendiri, jadi suka-suka kita ga patokan jadwal. Harusnya di hari ketiga kita ada 3 tempat yang dikunjungin, liat sikon nanti gimana keburu ga ke tempat itu, jam 10 bangun, gelogeran dulu, ngobrol dulu, mandi terus sarapan roti siap-siap akhirnya baru keluar jam 12 siang. Tujuan kita pertama ke kota Melaka naik bis antar kota dari terminal TBS ke Terminal Melaka ongkosnya sekitar 12 Rm satu orang, setelah sampe terminal naik bis lagi no 16 ya ongkosnya 2 Rm tujuannya ke Bangunan Merah bilang aja ke supirnya kaya gitu. Ternyata ke Melaka jauh juga kaya pulang kampung haha naik bis kisaran 3 jam. Itu kaya Jakarta Bandung. Tapi enaknya naik Bis ga macet jadi gaterlalu pusing.

Sampe di Melaka sekitar jam 3 sore, dan itu lagi terik banget mataharinya panas sekali. Kita tujuan awal ke Gereja Merah yang terkenal itu, pas ngeliat oh gini yaudah biasa aja haha foto-foto sebentar diatas supaya ada bukti kalo kita pernah kesana, turun kebawah lagi keliling jalan menyusuri sungai yang bersih dan indah kalo mau kalian bisa menyusuri sungai pake kapal. Di pinggiran sungai ada beberapa cafe gitu, tapi kita ga mampir, hal yang kita lakukan yaitu di tengah teriknya matahari, panas banget butuh effort yang lumayan untuk foto aja. Karena katanya di Melaka yang terkenal itu es cendolnya dan pas kita laper belom makan siang, bingung mau makan dimana akhirnya browsing lalu kita menemukan lagi dan lagi es cendol legendaris, enak, harga standar sih ya, ruameeee banget waiting list. Harga cendolnya 7Rm harga laksanya 10Rm.

Pas kita kesana modal google maps aja cuma jalan aja kok ga jauh dari gereja, tempat es cendol nya ada di jonker street namanya Jonker 88 tempatnya artistik gitu keren, itu pas banget ada saturday market gitu sepanjang jalan, kita beruntung sekali pas kesana lagi ada bazar hohoho. Udah deh abis makan es cendol dan beli laksa buat makan siang, kita keliling sepanjang jonker street liat-liat sambil jajan gakerasa udah jam 8 malam saja. Kita langsung bergegas pulang karena perjalanan jauh... Sampe apartment jam 11 malem lagi hahaha jadi apartment bener cuma buat tidur sebentar aja, jadi gaperlu yang mahal. Kita udah ga sempet kemana-mana lagi hari ketiga ini, karena ke Melaka butuh waktu yang lama, jadwal kita sih hari itu ke Putrajaya sama ke Petaling street tapi ga cukup waktunya, its okeee gamasalah. Berhubung kita emang wisata tempat bukan wisata kuliner jadi makan selapernya dan sedapetnya jdai ga mesti sehari makan 3 kali namanya juga backapker lah yaa. Alhamdulillahnya dapetnya juga yang oke rasanya sih hehe

Besoknya hari terakhir kita gakemana-mana karena pesawat siang, takut ketinggalan pesawat dan kita bangunnya siang juga karena lelah, letih, lunglai, tapi seruuuuu, packing siap-siap dan langsung ke bandara makan siang di bandara KLIA 2 di restaurant "mamak" andalan kita cukup 12Rm saja. Ya kira-kira segitu perjalanan kita, semoga yang mau kesana ada bayangan dan ada manfaatnya ya dari artikel ini hehe. Jadi pengen jalan-jalan lagi abis nulis blog....... Kamu mau ga jalan bareng sama aku? Kita agains the world bersama gitu. Eh.
1 Rm = +- Rp 3.500
  • Total hari kedua - keempat transportasi keliling Grab, Bis, Komuter Rp 420.000
  • Makan 4 kali plus jajan Rp 231.000
  • Bandara ke rumah by Damri Rp 50.000
  • Total      Rp 701.000
Total biaya hari pertama sampai hari ke empat Rp 2.059.500

Kurang lebih pengeluaran aku disana sekitar segitu, silahkan mencoba :)

at Genting highland

Berlarian mengejar jodoh

View dari Cable Car Genting

Di dalem Batu Caves

Capek naik tangga foto amunisinya