Terbarkan kebahagiaan melalui cinta

by - 4:29 PM



Families are the compass that guide us. They are the inspiration
to reach great heights, and our comfort when
we occasionally falter. - Brad Henry

“Aku cinta kamu sayang....” mungkin kata – kata tersebut tidak asing di telinga kita bukan? Banyak orang yang dengan mudah menyebutkan kalimat itu dengan ditambah sedikit sentuhan gombal yang manis, membuat mereka yang mendengarkan pasti hatinya akan luluh lantah bak terkena tsunami. Padahal makna cinta sebenarnya tak semudah dengan apa yang diucapkan. Cinta pun tidak mempunyai definisi yang kongrit, karena setiap orang pasti mempunyai definisi yang berbeda – beda tentang cinta. Disini aku akan memberikan sedikit sudut pandang yang  berbeda tentang cinta, terutama cinta terhadap keluarga.


Bersyukurlah sedalam – sedalamnya kita masih diberi keluarga yang lengkap, harmonis dan mencintai kita
Bagaimana rasanya jika gebetan yang kita suka sejak lama dan ternyata dia juga suka sama kita? Pasti seneng banget kan? Rasanya seperti dapat mukjizat dari Tuhan, bahagianya sampai tujuh hari tujuh malam. Aku yakin pasti hampir setiap orang pernah merasakan kejadian seperti itu yaitu jatuh cinta. Tapi apakah kita pernah merasakan bahagia mendapatkan keluarga yang lengkap? Masih ada Ayah, Ibu, Adik atau Kakak. Jarang orang yang menyadari bahwa keluarga adalah hal yang penting sekali dalam hidup kita. Mereka yang mendidik kita dari kecil, yang mengajari kita dari awal kelahiran, yang membentuk karakter kita hingga sekarang, yang selalu mensupport kita dikala terpuruk, yang selalu mengingatkan kita jika sedang melakukan kesalahan, yang menjadi tempat keluh kesah yang menyenangkan. Apakah kita pernah merasakan betapa bahagianya punya keluraga yang masih peduli dengan kita? Mari kita renungkan bersama – sama. Jika kita belum menyadari hal tersebut, belum terlambat jika kita masih mau bersyukur terhadap Tuhan telah apa yang telah Dia berikan terhadap kita terutama keluarga yang mencintai kita.



Cinta tak harus selalu diucapkan, kadang dengan perbuatan yang tulus kita tau bahwa itu cinta
Mungkin keluarga kita jarang mengucapkan kalimat cinta terhadap kita, begitupun sebaliknya. Padalah kalau ke pacar atau pasangan kita sepertinya kalimat tersebut hal yang sering diucapkan dengan manis. Dibalik semua itu ternyata ada rasa cinta yang teramat besar yang tak sampai terucapkan oleh seluruh anggota keluarga kita. Misalkan seorang ibu, betapa cinta ibu kita terhadap kita yang setiap pagi menyiapkan sarapan tanpa lelah, yang setiap malam selalu menunggu kita (anaknya) kapan pulang, namun kita sering lupa mengabarkan nya. Ayah kita yang tak kenal lelah dari pagi hingga malam mencari nafkah untuk keluarganya termasuk kita. Begitu pun adik atau kakak yang selalu menjadi tempat keluh kesah, yang menjadi penasehat dikala kita terpuruk. Mereka semua melakukan itu berlandaskan cinta yang nyata walaupun mereka jarang mengucapkan terhadap kita. 


Dengan cinta yang tulus dari keluarga, maka jadikanlah itu motivasi terbesar dalam hidup untuk membanggakan dan membahagiakan mereka
Sudah bukan saatnya bagi kita untuk mengumbar kemesraan yang berasaskan cinta yang hanya ditunjukkan dengan kalimat manis belaka. Lebih baik tunjukan cinta tersebut dengan perbuatan yang nyata dan membahagiakan orang sekitar terutama keluarga. Mungkin orang tua, adik atau kakak tidak berharap terlalu berlebihan terhadap kita. Mereka mengharapkan kita sebagai anak sukses dunia dan akhirat. Oleh karena itu, sebaiknya kita berikan yang terbaik untuk keluarga kita yang kita cintai. Bagaimana caranya? Hanya dengan mengerjakan apa yang kita kerjakan sekarang dengan sungguh – sungguh dan berusaha melakukan yang terbaik. Contohnya, saat masih duduk di bangku kuliah, berusahalah sebaik mungkin dalam menjalani perkuliahan tersebut. Lulus lah dengan tepat waktu dan dengan nilai yang terbaik, itu hal kecil yang dapat membahagiakan keluarga yang kita cintai. Bisa kan kalian bayangan lulus dengan cumlaude di depan teman - teman seangkatan? Pasti sangat mengharukan keluarga kita yang melihat. Dan masih ada 1.000 cara yang lain bahkan lebih untuk membahagiakan mereka. So, let’s do it now. 

Cinta itu abstrak bentuknya, tidak bisa dilihat dengan kasat mata yang jelas namun ia bisa kita rasakan keberadaannya. Tebarkan manfaat dan kebahagiaan untuk mereka yang kau cintai. Cinta bisa membuat orang melupakan kemarahan, cinta bisa menghilangkan kekesalan dan karena cinta pula kedamaian bisa terwujud. Cinta itu perilaku bukan hanya perkataan.

You May Also Like

0 komentar

Instagram