Aceh dengan kuliner dan kenangan "luka" yang tak terlupakan

by - 3:48 PM

Inget ga? Waktu tahun tanggal 26 Desember 2004 Aceh bersedih dengan banyak teriakan dan tangisan yang mengihiasi. Aceh dilanda bencana alam besar yang amat dahsyat yaitu tsunami dari air laut yang tingginya 30 meter yang menenggelamkan kurang lebih 230ribu orang. Bisa bayangkan kan betapa dahsyatnya tsunami tersebut. Sebelum tsunami, Aceh dilanda gempa yang amat besar hingga 9.2 Skalarichter dan gempa tersebut termasuk gempa terbesar di dunia. Nauudzubillahimindzalik ya.... semoga musibah tersebut tidak datang kembali di negara kami tercinta dimanapun.

Beberapa bulan yang lalu aku diberi kesempatan mengunjungi kota tersebut. Lagi - lagi karena ada dinas pekerjaan aku disempatkan menginjakan kaki yang terkenal sebagai kota serambi mekkah tersebut. Sebenarnya tujuan aku ke Aceh itu ke kota Krueng Raya selama 2 hari dan kota Lhokseumawe selama 3 hari. Butuh waktu sekitar 30 menit dari kota Aceh Besar ke Krueng Raya. Butuh waktu sekitar 6 jam dari kota Aceh Besar menuju kota Lhokseumawe. Di waktu luang aku menyempatkan mampir ke Museum Tsunami di Aceh yang tepatnya di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman, persis di dekat alun - alun Aceh. Tiket masuknya gratis loh.. wah gratis ya gratis tampang gratisan. 


Di dalam mesuem kita disuguhkan dengan foto - foto waktu terjadi tsunami, barang - barang yang tersisa, miniatur saat tsunami, nama - nama korban diabadikan di dinding dan video amatir saat tsunami berlangsung. Mukaku mewek ketika melihat video tersebut rasanya seperti tifak menyangka ada bencana alam sedahsyat itu


http://ulya877.blogspot.co.id/2012/12/museum-monumen-aceh-museum-tsunami.html

Depan museum tsunami

galeri di dalam museum 

tetep gamau ketinggalan

Misi terselubung yang sebenarnya adalah aku ingin pergi ke Aceh tidak lain dan tidak buka ingin mencicipi mie aceh langsung dari kota asalnya hehehe karena aku suka banget sama mie aceh. Cita rasa yang kental dengan berbagai macam rempah khas Aceh dan jarang ada di makanan lain, rasanya yang pedas nendang banget di mulut ditambah dengan tambahan seperti seafood, daging atau hanya telur saja rasanya enakkkk banget.

Mungkin untuk yang pertama kali nyobain mie aceh banyak yang bilang rasanya terlalu kuat, terlalu pedas dan aneh dimulut. Aku juga pertama nyoban mie aceh merasakan hal yang berbeda dimulut agak aneh aja. Tapi setelah dari makan mie aceh, besoknya pengen nyoba lagi dan lama kelaman tuh jadi enak plus aku juga suka banget sama makanan pedas. Jadilah mie aceh makanan favorit aku. Sewaktu di Aceh aku bertanya rekanku yang tinggal di Aceh dimana tempat makanan mie aceh yang paling favorit. Dan jawabannya adalah di Mie Aceh Razali 1967 katanya banyak artis dan pak presiden juga pernah makan di sana loh terus bangga gitu.




mie aceh dengan cumi


cewek harus tetep sempet belanja buat oleh - oleh 



Sayang sekali, saat aku ke Aceh Mesjid terbesar di kota tersebut Baiturrahman sedang dalam renovasi jadi aku tidak bisa berkunjung masuk kedalam melihat. Dan betapa hebatnya kekuasaan Allah karena saat terjadi tsunami Masjid Baiturrahman satu - satunya bangunan yang kokoh berdiri melawan air bah yang menyerang pada waktu itu. Oya satu lagi, Aceh sekarang kotanya bersih dan tertata rapih sih kalo menurut aku dibanding dengan beberapa kota besar yang lainnya Aceh juga termasuk kota yang bagus.







You May Also Like

4 komentar

  1. Wah Aceh indah ya, semoga suatu saat diberi kesempatan untuk mampir ke Aceh :)

    salam kenal ya kak :3
    http://emaputeri.blogspot.com/2016/07/menikmati-hujan-di-gili-trawangan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iya salam kenal juga ya elma. Kamu dari lombok ya? Iya semoga kamu bisa msegera menggunjungi Aceh ya...

      Hapus
    3. iya aku dari Lombok hehehe aamiin yaAllah semoga para malaikat melihat ini :D #agaklebay #gppemangpingin

      Hapus

Instagram