Ke Malaysia 4H3M Modal 2 Juta Part 1

by - 3:39 PM

Assalamualaikum,

Mau share sedikit, bulan Maret lalu aku berkesempatan ke Malaysia dengan modal nekat dan uang secukupnya berdua sama temenku. Kita ke Malaysia 4 hari 3 malem beli tiket dari bulan Januari. Jadi ada waktu kisaran 2 bulan dari beli tiket hingga keberangkatan tiba untuk persiapan. Terutama sih beli tiket pesawatnya yang penting, karena lagi masa promo jadi harus di booking jauh-jauh hari. Banyak temen-temen aku yang tanya itenary dan budget ke Negara Tetangga, ok aku akan ceritain ya, ada beberapa yang masih inget ada beberapa yang udah lupa juga sih ya tapi kurang lebih untuk harga aku tulis kisarannya. 

Diawali tengah malam Mba Dina share harga tiket ke Yogyakarta dan ngajak aku kesana, saat aku liat harga yang di share tiket kereta ke Jogja kelas eksekutif/bisnis kisaran 300rban itu sama aja tiket ke Malaysia dengan tiket promo AirAsia. Jadilah aku bilang "Mba kita ke Malaysia aja gimana? Kan udah sama-sama punya paspor harga tiketnya juga ga jauh beda kok sama ke Jogja. Nanti aku yang cari tau kita mau kemana aja disana, aku bikin itenary. Aku ke Jogja udah pernah" singkat cerita, kita deal ke Malaysia bulan Maret 2019 tgl 14-17. Tips yang buat kerja, udah bisa ambil cuti jauh-jauh hari dan bisa prepare kerjaan yang harus diselesaikan sebelum waktu cuti. Kenapa pilih Malaysia? Simple sih karna belom pernah ke luar negri jadi cari yang safe dulu, setelah ke Malaysia berhasil mungkin akan berencana ke negara lain, doakan yah semoga keluar negri yang kedua udah sama pasangan halal lahngareptapiamininajasih dan alasan yang kedua dapet tiket promo inisihudahjelasbanget.

Hal pertama yang dilakukan sebelum pergi kemanapun adalah pesen akomodasi tiket dan penginapan sebisa mungkin jauh-jauh hari dengan aplikasi yang tersedia, bisa traveloka, airbnb, tiket.com dll. Sering-sering cek aplikasi tersebut, biasanya banyak promo di moment tertentu, makanya tiap hari kudu wajib buka aplikasi travel haha kalo perlu pasang notifikasi bila ada promo. Tiket pesawat yang kita pesen seharga 750rb PP dan pesennya langsung di aplikasi Airsia yah exclude bagasi, jadi cuma dapet kabin aja sebesar 7kg. Karena kita backpaker ya ga masalah dapet kabin aja, cuma bawa 1 koper doang kok. Biasanya di kabin itu diperbolehkan 1 koper, kopernya itu kisaran kurang lebih 18inch-20 inch dan 1 tas sedang. 

Setelah pesawat oke, lanjut ke penginapan. Di Malaysia penginapan cukup terjangkau dengan fasilitas yang lumayan oke disana range harga hotelnya kisaran 200rb sampe 500rb untuk ukuran hotel bintang 2 sampe 3. Kalo yang mau murah dan bisa tampung orang banyak, airbnb solusinya, disana disediakan beberapa apartment yang harganya lumayan terjangkau. Dengan pertimbangan yang matang akhirnya kita milih apartment dengan harga 650rb untuk 4 hari 3 malam di daerah Kuchai. Kenapa ga di daerah Bukit Bintang atau KL? Karna kita pikir Kuchai dekat dengan terminal TBS yang memudahkan transportasi dengan daerah lain seperti Genting dan Melaka harganya pun terjangkau. Ini kita nebeng kamar di apartment orang gitu ya ternyata. Tapi gapapa sih kamarnya ok, penghuninya juga ramah jadi kita bisa minta apa-apa dengan gampang dan tanya-tanya dengan beliau. Cuma mungkin aku saranin kalau yang lebih sering aktifitas di pusat kota KL dan ga ke kota lain mending nginep di daerah KL aja jangan di daerah yang aku nginap karena agak jauh, sesuaikan budget untuk penginapan.

Terus untuk buat itenery gimana? Jawabannya adalah browsing sebanyak kalian bisa. Karena sekarang informasi mudah banget di dapat lewat internet, jadi sebelum aku ke Malaysia aku sering baca blog orang, baca situs informasi tentang transportasi, nonton vlog orang, masuk komunitas Backpacker Indonesia di Facebook, tanya sama orang yang udah pernah ke Malaysia, setelah dapet informasi yang cukup, kita bakal dapet bayangan sebelum kesana. Jadi gaperlu takut nanti disana gimana, naik apa, mau kemana. Karena sebelumnya semua informasi udh di dapat. Tinggal kita membuat jadwal sesuai waktu kita disana. Yaaa kalo misalnya nyasar sedikit disana wajarlah, toh baru pertama kali, justru itu seninya.

Hari Pertama 

Berangkat dari Jakarta jam 8 pagi, kita sampai Malaysia kisaran jam 12 siang. Jadi hari pertama aku buat jadwal untuk keliling Kuala Lumpur saja, tiba di Bandara kita beli simcard kisaran harga 30Rm untuk 1 simcard unlimited provider U mobile. Kemaren kita beli 1 orang 1 simcard, namun setelah berjalan 4 hari ternyata kita bisa irit kalau beli 1 saja sisanya tetring dengan salah satu handphone. Karena disana kita jarang buka handphone fokus menikmati perjalanan. 1 simcard cukup untuk berdua sebenernya untuk 4 hari 3 malam. Yaudahlahya udah terlanjur, setelah beli simcard kita makan siang di bandara di KLIA 2. Di bandara ada beberapa food court, di lantai atas dan di lantai bawah katanya sih kalau di lantai atas mahal. Tapi setelah kita nanya-nanya akhirnya di rekomendasikan lagi satu tempat di lantai basement disitu ada restaurant bernama "mamak" menyediakan berbagai macam makanan, lebih ke indian food gitu. Cuma rasanya enakkkk dan harganya murah kita makan kisaran 10-15Rm 1 orang tergantung apa yang di pesan ya. Jadi rekomendasi buat yang mau makan di bandara harga terjangkau turun aja ke basement di pojok sebelah kanan ada restaurant "mamak" jangan lupa minumnya es teh tarik hehe. Sekalian kalau mau naik bis menuju KL naiknya dari basement. Dari bandara ke apartment kita menggunakan bus seharga 11Rm turun di terminal TBS. Lalu dari terminal TBS kita ke menggunakan grab sekitar 7Rm sampe deh di apartment.

Setelah sampai apartment kita istirahat sebentar dan langsung menuju Dataran Merdeka, dari apartment kita ke dataran merdeka menggunakan grab biar cepat, dari apartmen ke Dataran Merdeka kisaran 13 Rm aja. Di dataran merdeka kita ke museum yang udah terkenal di KL setelah keliling Dataran Merdeka kita langsung menuju Pasar Seni, cukup jalan kaki saja 10 menit sampai. Di Pasar Seni kita langsung beli oleh-oleh, kenapa beli oleh-oleh di hari pertama? Supaya pikiran kita tenang karena orang-orang dirumah sudah ada yang akan diberikan. Oleh-oleh tidak masuk hitungan ya, karena sesuai kondisi budget masing-masing, aku sama Mba Dina aja total oleh-olehnya beda, dia 2 kali lipat dari aku hihi. Setelah selesai belanja, kita titip belanjaan kita karena ada 1 destinasi lagi yang belum kita datengin jadwal hari itu yaitu Menara Petronas, kita ke Menara Petronas menggunakan KL Rapid tiketnya cuma 1,7 Rm aja sekali jalan tergantung jarak jugasih, kita berangkat dari stasiun Masjid Jamek turunnya lupa dimana ya... Kalo gasalah KL Central, pokoknya andalan kita google maps aja disitu nanti ada, kalo gatau ya nanya hehe.

Setelah jalan sedikit, sampelah kita pada Menara Petronas. Tenyata gini toh.... Ya biasa aja sih hahaha cuma gedung kembar dua terus di depannya ada taman air mancur gitu, karena kita sampe sana udah jam 7 malem dan udah lelah jadi ya kita banyak istirahat di taman foto-foto sebentar sebagai syarat aja ga terlalu excited banget foto hahaha, tapi okelah Malaysia keren punya icon yang wajib didatangi buat pelancong kaya kita. Dari Petronas pulang kisaran jam 8 malem langsung pulang menggunakan KL Rapid lagi menuju stasiun Masjid Jamek dan kembali lagi ke Pasar Seni karena kita titip oleh-oleh di sana jadi diambil dulu deh, setelah oleh-oleh diambil jam 9 kita sempetin mampir dulu sholat di Masjid Jamek haha padahal udah malem banget pas kita solat juga cuma berdua doang. Abis itu langsung pulang menggunakan grab harga sekitar 10Rm. Sampe apart kita makan mie heuheu karena udah terlalu malam jadi kita ga sempet makan diluar dan udah capek juga akhirnya mie adalah solusi semua masalah. 

Pengeluaran Hari Pertama 

1 Rm = +- Rp 3.500
  • Tiket PP Rp 750.000
  • Simcard Rp   85.000
  • Apartement Rp 325.000 ( Rp 650.000 dibagi 2 )
  • Transport ke Bandara by Grab Rp 70.000  ( Rp 150.000 dibagi 2 )
  • Makan 1 kali Rp 40.000
  • Bis dari Bandara ke Terminal Rp 38.500
  • Ongkos Grab, KL Rapid total Rp 50.000 ( Rp 100.000 dibagi 2 )
  • Total      Rp 1.358.500


Tetep I Love Kamu Lah
Salah satu spot foto At Galeri Kota Kuala Lumpur
Coret-coretan Itenary Kemaren

Udah bisakah aku jadi ledom? Ini di Dataran Merdeka
Dari sekian banyak foto, ini aja yang bagus di petronas. Emang syarat doang.
Tiket Rapid KL at Stasiun Masjid Jamek
Lanjut Part 2 yah

You May Also Like

0 komentar

Instagram